Thursday 1 October 2015

pengertian sistem komputer

PENGERTIAN FUNGSI SISTEM KOMPUTER
berikut adalah beberapa pengertian atau definisi tentang sistem komputer menurut ilmuan dan beberapa fungsinya.
1. Blissmer (1985) komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaiitu menerima input,memproses input, sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.\\
2. SANDERS (1985) komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi intruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

FUNGSI KOMOUTER
1. iNFUT DEVICE (ALATMASUK) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintahke dalam komputer.
2. OUTPUT DEVIDE (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilakn pengeluaran sebagai hasil pengolahan data
3. I/O port
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data luar sistem. peralatan input output slalu berhubungan dengan ini.

4. CPU (Centar Prosecing Unit) CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi oferasional yaitu : ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolahan data dan Cu(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5.MEMORI : Memori terbagi menjadi dua bagian Memory Internal da Memori Eksternal. Memori Internal berupa RAM (Random Acces Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program ang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memori) yaitu memori yang hanya bisa di baca da berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinalaka.
6. DATA BUS : Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem kompute. Karena pada suatu saat tertentu masing -masing saluran hanya dapat membawa I bit data,maka jumlah saluran menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya Bidirectional,artinya Cpu dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data Bus biasanya terdiri atas 8,16,32 atau 64 jalur paralel.
7.ADDRESS BUSV:Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Adress Bus biasanya terdiri atas 16.20.24 atau 32 jalur paralel.
8. CONTROL BUS : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan adress Bus. terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
semoga bermanfaat, jangan lupa untuk lebih lengkapnya kunjungi www.widiyartotkj.blogspot.com

2 comments: