Macam-macam komunikasi yang ada :
1. Komunikasi suara
2. Komunikasi Berita dan Gambar
3. Komunikasi Data
a. Komunikasi Suara
Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan
berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan.
Contoh dari komunikasi suara adalah :
1. Komunikasi siaran radio /
radio broadcasting Informasi dipancarkan ke segala arah dan siapapun
diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang dikirimkan
bersifat umum. Contoh : Radio RRI
2. Komunikasi radio amatir
Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima
informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi
bersifat pribadi. Contoh : ORARI
3. Komunikasi radio 2 arah
Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran /
frequensi / gelombang yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat
pribadinya dapat terjaga. Contoh : Handy-talky
4. Komunikasi radio antar
penduduk / citizen band Hubungan komunikasi bersifat pribadi, jangkauannya
terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena semua pesawat penerima sistem
komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom
5. Komunikasi radio panggil /
paging system Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari
pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : Pager f. Komunikasi telpon
Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak
terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan
manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial, Handphone.
b. Komunikasi Berita dan Gambar
Merupakan komunikasi berupa informasi berita tertulis
ataupun gambar. Gambar yang dikirim berupa gambar hidup (video) ataupun gambar
diam (statis).
Contoh dari komunikasi berita dan gambar adalah :
1. Komunikasi telegraf
2. Komunikasi telex
3. Komunikasi Faximile
4. Komunikasi Siaran T Komponen Sistem Komunikasi
Komponen sistem komunikasi yang utama adalah sebagai
berikut :
1. Pengirim (Tranceiver)
Pihak yang mengirimkan informasi, misalnya pesawat
telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah membangkitkan berita
atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.
2. Media Transmisi
Media yang digunakan untuk menyalurkan (mengirimkan)
ketempat tujuan (penerima), misalnya saluran fisik (kabel), udara dan cahaya.
3. Penerima (Receiver)
Pihak yang menerima informasi, misalnya pesawat
telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah menerima berita atau
informasi yang dikirimkan oleh pengirim berita.
Tujuan utama dari komunikasi : menyampaikan informasi
dari 1 sumber ke sumber lain secara tepat dan cepat.
Berdasarkan cara penyampaian informasinya, bentuk
komunikasi terbagai atas 2 macam, yaitu :
1. Komuniksi dari titik ke titik (point to point
communications)
Informasi yang disampaikan oleh pengirim hanya
diberikan kpada 1 penerima saja. Contohnya : telepon, telex, faxcimile, pager.
2. Komuniksi dari 1 titik ke segala arah (broadcast
communications)
Informasi yang disampaikan oleh pengirim dapat
diterima oleh siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. Contohnya :
komunikasi siaran radio dan televise
Cara kerja sistem komunikasi data sederhana :
1. Berdasarkan
gbr yg ada, sistem komunikasi data meliputi komputer atau terminal yg bertindak
sebagai pengirim, modem, kabel penghubung, peralatan pengubah telepon,
fasilitas saluran pertukaran, penerima (komputer host dan terminal).
2. Komputer
dan terminal digunakan untuk memasukkan informasi. Alat tsb berupa terminal yg
ditempelkan ke mikrokomputer atau mainframe atau mikrokomputer dgn keyboard and
printer atau mesin fax atau alat masukan yg lain
3. Kabel
penghubung in the picture menghubungkan pengirim ke modem. Kabel tsb dpt berupa
coaxial cable, fiber optics, etc.
4. Modem
mengubah digital signal dr komputer atau fax ke analog signal sehingga
peralatan pengubah telepon dpt menerimanya. Sinyal ini kemudian diteruskan ke
fasilitas pengubah dan pengendali dr perusahaan telepon.
5. Dari
fasilitas pengubah dan pengendali, modem pada receiver akan mengubah
kembali analog signal ke digital signal untuk diteruskan ke komputer host atau
terminal untuk memproses pesan/informasi yg dikirimkan.
Jaringan komunikasi data
Jaringan adalah seri dr beberapa point yg dihubungkan
oleh beberapa jenis saluran komunikasi. Jaringan komunikasi data merupakan
kumpulan sirkuit komunikasi data yg dikelola sebagai kesatuan tunggal.
Kumpulan jaringan komunikasi data, org yg memasukkan data, yg menerima data dan
yg mengelola dan mengendalikan jaringan, membentuk sistem komunikasi.
Kriteria utama dr jaringan komunikasi data untuk dapat
berjalan dengan baik:
1.
Performance : jaringan komunikasi data dpt menghantarkan data
dengan tepat waktu, di mana performance diukur dengan waktu respon jaringan.
Waktu respon jaringan hrs sesuai dengan apa yg dikehendaki oleh user. Faktor yg
mempengaruhi waktu respon adalah jumlah pemakai dlm sistem tsb, kecepatan
transmisi, jenis media transmisi dan jenis hardware/software yg digunakan.
2. Consistency
& Reliability : Data yg ditransmisikan hrs tepat, konsisten dan dpt
diandalkan sehingga user yakin akan informasi yg dihasilkan.
3. Recovery
: Jika mengalami kegagalan, jaringan hrs dapat segera dipulihkan kembali ke
tingkat operasi yg ditentukan sehingga kerusakan yg ditimbulkan seminim mugkin.
4. Security
: Pengaksesan data harus dilindungi dr pihak-pihak yg tidak berkepentingan
olehnya keamanan jaringan perlu dilakukan dengan sebaiknya.
Contoh jaringan komunikasi yg sering digunakan adalah
jaringan komputer atau computer networks. Sebuah jaringan komputer dapat
menyediakan media komunikasi yang sangat kuat di antara orang-orang yang
terpisah jauh.
Videotext : kemampuan terjadinya transmisi dua arah
antara televisi atau komputer dalam rumah dengan perusahaan di luar rumah.
Contoh : online banking, email, online video game.
Satelit : dengan menggunakan receiver and transmitter
TV satelit rumah, kita dapat berkomunikasi dengan org lain melalui disk satelit
yg ditempatkan pada propertinya. Antena ini dapat menerima dan mengirimkan
suara atau data ke bagian dunia lain dengan merelay-nya ke satelit lain yg
mengorbit bumi. For example, GPS.elevisi
c. Komunikasi Data
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik
telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. Telekomunikasi adalah segala
kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik
yang lain. Pengolahan data adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan
data; Gabungan kedua tehnik ini selain disebut dengan komunikasi data juga
disebut dengan teleprocessing (pengolahan jarak jauh);
Secara umum komunikasi data dapat dikatakan sebagai
proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kodetertentu
yang telah disepakati melalui media listrik atau elektro-optik dari titik ke
titik yang lain;
Sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan
fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti
menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator
lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun
secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Pemikiran Dalam Komunikasi Data
è Menyalurkan
informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin;
è Mengintegrasikan
semua jenis komunikasi menjadi satu sistem, yaitu ISDN (Integrated
Service Digital Network ) atau Jaringan Digital PelayananTerpadu;
Keuntungan Komunikasi Data
è Pengumpulan
dan persiapan data > Bila pada saat pengumpulan data digunakan suatu
terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga
dapat mempercepat proses.
è Pengolahan
data > Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran
transmisi
è Distribusi
> Dengan adanya saluran transmisi hasil dapat langsung dikirim kepada
pemakai yang memerlukannya.
Tujuan Komunikasi Data
è Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari
suatu tempat ketempat yang lain;
è Memungkinkan
penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote
computer use).
è Memungkinkan
penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung
manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi;
è Mempermudah
kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam
sistem computer.
è Mengurangi
waktu untuk pengolahan data;
è Mendapatkan
data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).
è Mempercepat
penyebarluasan informasi.
Faktor - faktor pertimbangan Komunikasi Data
a. Pengsinyalan
Pengsinyalan (signalling) adalah suatu prosedur atau
protokol yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum pengiriman informasi
dimulai.
b. Transmisi
Media transmisi harus efesien dan dapat melayani
berbagai jenis alat.Karakteristik transmisi :
è lebar
frekwensi yang dapat ditampung
è redaman
è daya
yang dapat ditampung
è waktu
yang dibutuhkan
c. Cara Penomoran
Penomoran harus unik dan mengikuti rekomendasi atau
persetujuan dari pihak tertentu.
d. Cara menyalurkan hubungan (routing)
Menentukan policy ( kebijaksanaan ) bagaimana suatu
hubungan akan dilaksanakan.
e. Cara menghitung biaya (tarif)
Menentukan struktur harga bagi jasa pelayanan yang
harus dibayarkan.
Bidang-bidang Operasi Komunikasi Data
a. Bidang Data Collection
Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote
station),disimpan dalam memori dan pada waktu - waktu tertentu data tersebut
akan diolah.Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll.
b. Bidang Inquiry and Response
Pemakai dapat mengakses langsung ke file atau program.
Data yangdidikirimkan ke sistem Komputer dapat langsung diproses dan hasilnya
dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputer maka
sistem semacam ini disebut interaktif. Contoh : aplikasi perbankan, pembayaran
dipertokoan.
c. Bidang Storage and Retrival
Data yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat
diambil sewaktu - waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi
Message Switcing dan E-Mail.
d. Bidang Time Sharing
Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya secara
bersama-sama.Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka
waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan
kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan
waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai
sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak (software),
perhitungan, rekayasa, pengolah kata (word processing), CAD (computer aided
design), dan sebagainya.
e. Bidang Remote Job Entry
Remote Job terminal mengirimkan program atau data
(teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan
dikerjakan secara batch, yaitu diolah setelah gilirannya tiba. Contoh :
aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
f. Bidang Real Time Data Processing and Process
Control
Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai
dengan kepentingan proses tersebut (real time). Contoh : aplikasi pengaturan
peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi, dsb.
g. Bidang Data Exchange Among Computer.
Pertukaran data berupa program, file dan sebagainya
antar sistem komputer. Pada aplikasi ni data yang dipertukarkan jumlahnya
banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali.
semoga bermanfaat..
No comments:
Post a Comment