penerapan ilmu komputer dalam dunia industri
Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan
teknoloi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya
berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan
besar.
Kemajuan
industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong
terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung
berbagai keperluan pembuatan produk
elektronik. Kemajuan teknologi elektronika
tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan
semikonduktor khususnya silicon. Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai
sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar
lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan
program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisinis.
Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh
sistem komputer.
Selain
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang
tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh
komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip
(microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain
sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat
lain yang telah dikendalikan oleh komputer.
Bidang
industri Otomotif
Produksi
mobil termasuk cabang industri terpenting. Satu dari tujuh tenaga kerja bekerja
di industri mobil, sektor yang menyumbang 17 persen dari volume ekspor. Dengan
keenam produsen VW, Audi, BMW, Daimler, Porsche dan Opel (General Motors).
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan
perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Sementara
ini semua produsen mobil bekerja secara intensif untuk menghasilkan mesin yang
ramah lingkungan, seperti generasi baru mesin diesel, motor hibrida dan
elektrifikasi lebih jauh dari sistem penggerak
Di bidang industri, komputer digunakan
untuk:
1. Mengendalikan mesin-mesin produksi
dengan kecepatan tinggi.
2. Bidang industri otomotif berfungsi
untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan
otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yang
tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.
3. Bidang industri perfilman Semua
efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film semua direkam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
4. Bidang industri rekaman Untuk dapat
menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam & modifikasi suara
dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun dibantu dengan sistem
komputer.
Bidang Industri Perfilman
2Dimensi
Celluloid (konvensional)
Teknik Celluloid
(kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalam
pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan
maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang
tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement.
Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane
camera di dalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
- Pra-produksi:
- Konsep,
- Skenario,
- Pembentukan karakter,
- Storyboard,
- Dubbing awal,
- Musik dan sound FX
- Produksi:
- Lay out (Tata letak),
- Key motion (Gerakan kunci/ inti),
- In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
- Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
- Background (Gambar latar belakang),
- Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
- Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
- Post-produksi:
- Composite,
- Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
- Editing,
- Rendering,
- Pemindahan film kedalam roll film.
3 DIMENSI
Proses Produksi Animasi 3 Dimensi
Proses pembuatan animasi 3 dimensi ini
kebanyakan di kerjakan dengan komputer, sehingga proses pembuatannya cepat dan
tidak memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal.
Proses animasi ini sering di dominasi oleh
negara amerika yang banyak menghasilkan industri animasi 3 dimensi
yang berbeda dengan jepang yang lebih di dominasi dengan animasi 2 dimensi.
Proses yang di kerjakan dalam pembuatan animasi 3 dimensi ini hampir sama
dengan proses pembuatan animasi 2 dimensi.
Pra-produksi:
Ide Cerita,
Skenario/ Naskah
Cerita,
Concept Art,
Storyboard,
Animatic Storyboard
Casting dan Recording,
Musik dan sound FX
Produksi:
Modeling 2D ke 3D (mulai dari
karakter, background, accesories dll),
Pemberian tekstur pada
karakter, background, accesories
Penganimasian (rigging,
Skinning, dan animasi serta kamera)
Rendering
Pasca-produksi:
Composite,
Editing,
Rendering,
Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS
dan lainnya.
Animasi dengan Motion Twening
Animation dengan Flash
Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu
pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak
lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam
VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pemburningan atau
pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
Bidang
Industri
Di
bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC)
pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer
Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah
produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah
mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk
industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual
akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi
dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan
sebagainya.
Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer. Dalam bidang Industri teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
- Terjadinya industrialisasi*
- Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik pada aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi komputer di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
- Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.
4.
Di bidang Industri, teknologi
informasi sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan (akuisisi),
pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam
definisi teknologi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat
lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele) komunikasinya.
Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem
informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa
tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data,
jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak,
serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.
5.
Industri yang
telah mampu melakukan e-commerce dapat mempermudah
transaksi-traansaksi
bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Mudahnya melakukan pemasangan iklan
produk sebuah hasil industri
*industrialisasi
adalah memajukan tenaga produktif menjadi lebih modern, dapat diakses secara
massal, dan tinggi kualitas.
Meskipun
demikian ada pula dampak negatifnya antara lain :
·
Revolusi industri menjadikan
mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah
menciptakan sebuah revolusi digital,yang (didalamnya ada konvergensi
telekomunikasi, komputasi, dan multimedia terjadi melalui implementasi
teknologi digital) dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya
meningkatkan kemampuan) otak manusia.
·
Mudahnya
terjadi cyber crime terhadap jaringan pada sebuah industri
·
Dapat
terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang dapat menimbulkan kerugian
finansial yang besar
- Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
Keberhasilan
Penggunaan Komputer Dalam Bidang Industri
Komputer
telah merevolusi industri makanan dan minuman karena mereka telah hampir setiap
industri lainnya.. Komputer memiliki positif, efek yang terukur di ujung depan
dan ujung belakang operasi perhotelan.. Sistem Komputer telah meningkatkan
kinerja karyawan, dan kualitas makanan dan minuman dan konsistensi. Dalam
industri makanan dan minuman tidak ada lagi masalah teknologi yang harus
digunakan, melainkan pertanyaan yang teknologi untuk digunakan?. Dalam bisnis
makanan dan minuman, komputer di sini untuk tinggal.
Dalam
industri perhotelan, layanan pelanggan merupakan faktor penting mutlak bagi
keberhasilan. Komputer membantu di daerah ini dalam beberapa cara. Di
banyak restoran, staf menunggu dapat memproses berbagai bentuk pembayaran di
meja tamu, yang memungkinkan tamu untuk berangkat langsung dari meja mereka
tanpa perlu berhenti di sebuah stasiun checkout terpusat. Ini telah
dihapus baris sedap dipandang panjang, yang mengganggu pelanggan, dan
mengganggu arus lalu lintas dalam bisnis makanan dan minuman. Layanan ini
dimungkinkan baik oleh tangan kecil memegang komputer yang menangani transaksi
kartu kredit menggunakan teknologi nirkabel, atau melalui titik yang jauh dari
sistem penjualan yang berinteraksi dengan sistem komputer pusatHal ini
meningkatkan pengalaman pelanggan bersantap, yang harus menjadi tujuan dari
setiap usaha jasa makanan.
Perhatian
kunci dari setiap bisnis makanan dan minuman adalah profit margin. Di daerah
ini penting bisnis, komputer juga telah terbukti menjadi alat yang sangat
diperlukan. Sistem komputer membantu mengelola proses pelayanan makanan
keseluruhan mulai dari pemesanan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi item
menu, untuk peramalan jumlah item untuk mempersiapkan setiap periode makan
didasarkan pada pola historis. Hal ini membantu mengurangi makanan terbuang,
yang sangat mahal dan keluar dari laba usaha. Hal ini juga membantu dalam
menyiapkan menu sebelum tangan, yang mengurangi waktu tunggu pelanggan.
Komputer juga dapat memprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi volume
bisnis yang akan diharapkan yang memungkinkan manajer untuk benar staf bisnis
mereka. Hal ini penting karena memiliki staf terlalu banyak di tangan dapat
mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak perlu dari gaji, dan tidak memiliki staf
yang cukup di tangan akan menimbulkan masalah layanan pelanggan.
Komputer
juga digunakan dalam cara yang sangat inovatif dengan beberapa perusahaan
makanan dan minuman. . Sebagai contoh, Darden Restoran yang memiliki dan
mengoperasikan lobster Red dan Olive Garden rantai menggunakan komputer untuk
membantu memilih situs bangunan baru. Ini sistem komputer menggunakan program
perangkat lunak disebut Darden Situs Analyzer. Perangkat lunak yang
mengumpulkan informasi penting yang diperlukan untuk memilih sebuah situs,
seperti demografi, jarak ke restoran lain dan informasi pelanggan yang spesifik
untuk model bisnis Darden. Program ini kemudian menganalisis situs dan
menyediakan serangkaian laporan untuk membantu Darden membuat keputusan akhir.
Darden berencana untuk meningkatkan perangkat lunak sehingga dapat mengevaluasi
hal-hal seperti apakah restoran Darden baru akan berpengaruh negatif Darden
restoran lain di daerah yang sama.
Sistem
komputer telah menjadi bagian penting dari semua aspek dari industri makanan
dan minuman, mereka membantu dengan keputusan pembelian, kontrol persediaan,
penjadwalan dan pelatihan karyawan, dan akuisisi pelanggan dan retensi. .
Sebuah indikator utama dari tren ini adalah kenyataan bahwa banyak program
pelatihan perhotelan sekarang termasuk kursus komputer dan teknologi dalam
kurikulum.
Setiap
inovator tahun adalah menciptakan lebih cara yang unik bahwa teknologi bisa
digunakan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman bersantap komersial.
Computers make out of home dining a more enjoyable experience for the consumer
and a more profitable manageable experience for business managers and owners.
Komputer membuat keluar dari rumah makan pengalaman yang lebih menyenangkan
bagi konsumen dan pengalaman yang diatur lebih menguntungkan bagi para manajer
dan pemilik bisnis.
No comments:
Post a Comment